Rabu, 05 Februari 2020

Yogyakarta

                                                         YOGYAKARTA


Hasil gambar untuk yogyakarta


.Gambaran Umum

   Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan singkatan DIY adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa.Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kotamadya dengan Ibu kotanya adalah Yogyakarta.Propinsi ini memiliki total luas wilayah ± 318,580.00 km2 atau kurang dari 0,5% luas daratan Indonesia. Dimana Kotamadya Yogyakarta dengan luas 32,5 km, Kabupaten Bantul dengan luas 506,85 km2 ,Kabupaten Gunungkidul dengan luas 1.485,36 km2 dan Kabupaten Kulonprogo dengan luas 586,27 km2.Letak astronomi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 7o15- 8o15 LS dan garis 110o5-110o4 BT.Dengan Iklim sebgai berikut:

Data iklim Yogyakarta
BulanJanFebMarAprMeiJunJulAgtSepOktNovDesTahun
Rata-rata tertinggi °C (°F)29
(84)
29
(84)
29
(85)
31
(87)
30
(86)
30
(86)
29
(85)
30
(86)
31
(87)
31
(88)
30
(86)
29
(85)
30
(86)
Rata-rata harian °C (°F)26
(78)
26
(78)
26
(78)
26
(79)
26
(79)
26
(78)
25
(77)
25
(77)
26
(79)
27
(80)
26
(79)
26
(78)
26
(78)
Rata-rata terendah °C (°F)22
(72)
22
(72)
22
(72)
22
(72)
22
(72)
21
(70)
21
(69)
21
(69)
22
(71)
22
(72)
22
(72)
22
(72)
22
(71)
Presipitasi mm (inci)353
(13.9)
335
(13.2)
310
(12.2)
211
(8.3)
127
(5.0)
89
(3.5)
41
(1.6)
25
(1.0)
30
(1.2)
94
(3.7)
229
(9.0)
340
(13.4)
2.182
(85
https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Istimewa_Yogyakarta .POTENSI WISATA ALAM

1.Wisata alam Kalibiru 

Hasil gambar untuk wisata kalibiru
Kalibiru merupakan sebutan nama hutan yang diolah menjadi tempat wisata alam. Hutan kalibiru memiliki ketinggian 450 mdpl dan berupa kawasan perbukitan yang subur. Kalibiru ini dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat sebagai wisata alam. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di wisata alam Kalibiru ini
https://id.wikipedia.org/wiki/Kalibiru


2.Curug Pulosari


Salah satu tempat rekomendasi yang dapat anda coba adalah Cururg Pulosari.Di sini anda bisa menikmati suasana hening dan kesunyian yang menemtramkan hati.Curug ini memiliki fasilitas seperti gazebo dan warung yang dikelola oleh warga.Air terjun ini letaknya berada di bawah jurang. Saat sampai disini pengunjung akan mendapatkan pemandangan air terjun yang indah dan pesona alam terbuka yang diiringi dengan air jernih gemercik yang mengalir. Pengunjung juga akan merasakan asrinya pepohonan disekitar air terjun, hal tersebut yang menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang singgah ke destinasi wisata tersebut.
https://antarejatour.com/bantul/air-terjun-pulosari


3.Bukit Pengilon



Bukit Pengilon sebenarnya merupakan lokasi yang sangat unik, karena berada tepat di bawah kaki gunung purba batur yang jutaan tahun yang lalu merupakan gunung aktif di kawasan gunung kidul. Jadi kenapa Bukit Pengilon berbeda dari pantai lainnya yang rata-rata merupakan pantai berpasir putih tepat di bawah kaki gunung purba batur yang jutaan tahun yang lalu merupakan gunung aktif di kawasan gunung kidul. Jadi kenapa Bukit Pengilon berbeda dari pantai lainnya yang rata-rata merupakan pantai berpasir putih.





.POTENSI WISATA BUATAN

1.Bay WaterPark

Hasil gambar untuk bay waterpark yogyakarta
Taman hiburan di area pegunungan berhutan dengan perosotan air raksasa, kapal bajak laut & atraksi lainnya.Jogya BayPark memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga.Dan juga menyajikan berbagai wahana yang takterlupakan,seperti Memo Racer,Bekti Advanture,Volcano Coaster,dan masih banyak lagi.
2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg merupakan salah satu objek wisata sejarah dan budaya yang ada di Yogjakarta. Benteng ini memiliki arsitektur kolonial belanda dan warananya putih bersih. Benteng ini merupakan sebuah museum perjuangan nasional Indonesia,benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang selalu dikunjungi oleh wisatawan yang mampir ke Malioboro. Banyak hal bisa didapatkan di benteng ini, baik itu mengenai hal-hal yang berbau seni, kebudayaan, juga ilmu pengetahuan sejarah yang dilengkapi dengan bukti-bukti perjuangan bangsa Indonesia di zaman dahulu.

Hasil gambar untuk makam imogiri
Makam Imogiri sudah ada sejak tahun 1632 – 1640M dan dibangun oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo. SUltan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo adalah Sultan Mataram ketiga dan merupakan keturunan langsung dari Panembahan Senopati.Untuk memasuki kawasan Makam Imogiri pun wisatawan harus mengenakan pakaian tradisional Mataram. Untuk laki-laki biasanya akan diberikan basekap hitam atau biru tua atau jarit. Untuk wanita biasanya akan diberikan kemben dan tidak dibolehkan memakai perhiasan.
https://id.wikipedia.org/wikhttpsi/Permakaman_Imogiri


.BUDAYA

1.Sendratari Ramayana

Hasil gambar untuk sendratari ramayana
Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat dari cerita Ramayana dan dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan di Pulau Jawa,Indonesia.Cerita Ramayana adalah perjalan Rama dalam menyelamatkan istrinya Sita (di Jawa biasa disebut Sinta) yang diculik oleh raja Negara Alengka,Rahwana.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sendratari_Ramayana_Prambanan


2.Upacara Sangketan


Hasil gambar untuk upacara sangketan
Upacara Sekaten adalah sebuah upacara ritual di Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara ini dilaksanakan selama tujuh hari, yaitu sejak tanggal 5 Mulud (Rabiulawal) sore hari sampai dengan tanggal 11 Mulud (Rabiulawal) tengah malam. Upacara Sekaten diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran (Mulud) Nabi Muhammad SAW. Tujuan lain dari penyelenggaraan upacara ini adalah untuk sarana penyebaran agama Islam
https://www.scribd.com/presentation/221030089/Presentation-Antara-Jatiluwih

3.Upacara Labuhan

Hasil gambar untuk upacara labuhan pantai yogyakarta

Upacara adat ini bertujuan untuk memohonkan keselamatan Kanjeng Sri Sultan, Kraton Yogyakarta dan rakyat Yogyakarta. Upacara tersebut sarat akan makna magis yang biasanya dihubungkan dengan legenda-legenda tertentu. Sebagai contoh adalah Upacara Labuhan Parangkusumo yang identik dengan legenda Ratu Pantai Selatan dan Panembahan Senopati.Dalam prosesinya, banyak perlengkapan yang perlu disiapkan. Diantaranya adalah Apem (gunungan), Panjenengan Dalem yang telah dibungkus kain putih dan dipayungi, kain batik, rambut dan kuku milik Sri Sultan yang dikumpulkan selama satu tahun.
https://phinemo.com/upacara-labuhan-ritual-sakral-untuk-peringati-tahta-sultan-jogja/


.Something  to do

1.Mengunjungi Candi

Hasil gambar untuk candi borobudur
Mengunjungi Candi-Candi seperti Candi Borobudur,Candi Prambanan,dan Candi Ratu Boko,meskipun Candi Borobudur tidak terletak di Yogyakarta tetapi ini menjadi alsan banyak wisatawan mengunjungi Yogyakarta.
https://pesona.travel/bekal-pejalan/590/mengunjungi-candi-ada-etika-dan-aturan-mainnya-lho

2.Mengunjungi Goa Jomblang

Hasil gambar untuk gua jomblang
Goa Jombang menjadi salah satu daya tarik di Yogyakarta.Gua ini terletak di Gunung Kidul.Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng.
https://travel.kompas.com/read/2017/10/19/072400527/mengunjungi-hutan-purba-di-dasar-goa-jomblang?page=all

3.Mendaki Gunung

Hasil gambar untuk gunung merapi jogja
Ada banyak gunung berapi di Yogyakarta untuk didaki.Salah satu gunung yang paling populer dan paling berbahaya adalah Gunung Merapi.Selain Gunung Merapi ada juga Gunung Merbabu dan Gunung Lawu.
https://discoveryourindonesia.com/15-things-to-do-in-yogyakarta/


.Something to buy

1.Keramik di Desa Kasongan

Hasil gambar untuk kasongan pottery village
Berkunjung ke desa Kasongan, wisatawan akan disambut dengan hangat oleh penduduk setempat. Sekedar melihat-lihat ruang pajang atau ruang pamer yang dipenuhi berbagai hasil kerajinan keramik. Dan jika tertarik melihat pembuatan keramik, wisatawan dapat mengunjungi beberapa galeri keramik yang memproduksi langsung kerajinan khas itu di tempat. Mulai dari penggilingan, pembentukan bahan menggunakan perbot, penjemuran produk yang biasanya memakan waktu 2-4 hari. Produk yang telah dijemur itu kemudian dibakar, sebelum akhirnya di-finishing menggunakan cat tembok atau cat genteng.
https://trip101.com/article/what-to-buy-in-yogyakarta

2.Batik

 Hasil gambar untuk batik craft
Yogyakarta terkenal dengan cara tradisional membuat kerajinan batik.Di Desa Kribet penduduk setempat berspesialisasi membuat batik kayu,mereka mengubah kayu berukit menjadi karya seni yang indah,mewah dan unik.Produk semacam ini sangat cocok untuk dekorasi rumah dan set makan.
https://trip101.com/article/what-to-buy-in-yogyakarta

3.Bakpia

Hasil gambar untuk bakpia
Jika anda mencari oleh-oleh yang lezat dan tidak cepat basi,maka anda harus membawa pulang bakpia.Bakpia merupakan kue yang terbuat dari adonan yang sebelumnya hanya berisi kacang hijau,namun semakin berkembangnya jaman bakpia hadir dalam berbagai rasa seperti durian,coklat,keju stoberi dan banyak lagi.
https://trip101.com/article/what-to-buy-in-yogyakarta


.Something to See

1.Pinus Penger

Hasil gambar untuk pinus pengger
Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun masih terdengar asing, dikalangan penyuka jalan-jalan objek wisata Hutan Pinus Pengger terbilang cukup populer.Hutan ini sangat lucu dan unik.Memiliki patung yang terbuat dari pinus.
https://shershegoes.com/things-to-do-yogyakarta-city-indonesia/

2.Ullen Sentalu Museum

Hasil gambar untuk ullen sentalu museum
Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram.Museum ini terdiri atas 2 bagian yaitu bagian indoor dan outdoor yang memamerkan foto,lukisan dan kain pada masa Dinasti Mataram.Bila anda ingin menghabiskan waktu pergilah ke museum ini.
https://shershegoes.com/things-to-do-yogyakarta-city-indonesia/

3.Pantai Timang

Hasil gambar untuk pantai timang
Pantai Timang adalah objek wisata berupa pantai yaitu wilayah yang menjadi batas antara lautan dan daratan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Timang merupakan salah satu pantai di yogyakarta yang pasirnya berwarna putih.Tempat yang cocok untuk rileks dalam suasana yang tenang.Anda dapat menghabiskan waktu dipantai ini menikmati pemandangan dan menunggu matahari terbenam.Sembari menunggu anda dapat menikmati makanan laut yang lezat dengan harga terjangkau.
https://shershegoes.com/things-to-do-yogyakarta-city-indonesia/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar